Monday, September 25, 2017

HUANGSHAN THE MISTY MOUNTAIN ( PART 2 )

Lanjut lagi yaaa cerita jalan jalan ke Huangshan nya....
Buat yang belum baca part 1, silakan klik disini : Huangshan part 1 . Mendingan baca part 1 dulu, biar nyambung....hehehe.

Setelah kita check in di hotel Beihai dan istirahat sebentar, gak lupa kita makan siang yaitu makan popmie yang kita bawa sebagai bekal. Lumayan kan hemat...wkwkwk! Terus berhubung hujan nya juga udah berenti, sekitar jam 10.30 an kita siap2 untuk trekking. Sebelumnya kita kan udah liat orang2 pada pake sarung sepatu dan gua sempet tanya orang bule yang ketemu di lobby yang juga pake sarung sepatu itu. Gua tanya belinya dimana dan harganya berapa. Dia bilang di kios depan hotel, harganya RMB 15 ( sekitar Rp. 30.000 ). Eh taunya di lobby hotel juga jual sarung sepatu ini dengan harga yang sama. Yaudah, kita beli disitu aja. Bentuknya kayak gini nih...
Lagi lomba pasang sarung sepatu dari karet, ini pakenya harus hati2, bahannya gampang robek soalnya.....kalo si bule tadi belinya di kios yang belakang itu tuh .
 
Tadaaaa.....kita udah siap trekking dengan sepatu yang udah disarungin, harusnya anti air nihh. Udah gak minder lagi dehh. Tadinya kan kita cuma bersendal ria...
Dari hotel kita mengambil jalur ke sebelah kiri, dan udah mulai keliatan anak2 tangga yang gak berujung.....males gak sihh liatnya? sighhh!
Seperti terlihat di trekking map Huangshan dibawah ini ( gambar dari chinadiscovery.com ), kita akan menempuh jalur orange ( Eastern Route ) sampai di Paiyun Lou dulu, lalu ambil rute yang ke Xihai Grand Canyon ( jalur biru ), dan di peta sudah tertulis jaraknya, sekitar berapa kilometer gitu lah. Hmm, keliatannya sih gampang yaa kalau anak2 tangganya begitu terus kayak di foto di atas...but let's see lah bakal kayak apa rute sesungguhnya.....bakal dikupas tuntas disini, siapin kuota internet yang banyak aja, soalnya foto2nya bakal banyak pake banget! *kalo gak banyak mah bukan blog mamie funky atuhh yaa! hahaha....
Jadi di sepanjang rute orange itu, dengan ketinggian sekitar 1600 an mdpl, mata kita akan dimanjakan oleh pepohonan hijau2 dengan bentuk yang unik
Gunung dan lembahnya tertutup sedikit kabut, terlihat misterius....
Ketemu aliran air di antara batu2 gunung, airnya bening juga....
Gak berapa lama berjalan, kita ketemu Xihai Hotel. Tapi kebayang kalau nginep disini, jalannya lebih jauh lagi dibanding hotel Beihai tempat kita menginap. Kebayang gak kalau orang yang nginep disini bawa koper? Bisa nangis deh gotongnya. Jadi yang namanya naik gunung Huangshan, biarpun dibilang nginepnya di hotel, teuteup lebih praktis bawa ransel lah daripada bawa koper. Pasti rasanya pengen dibuang aja tuh kopernya. Percaya lah!
Di depan hotel Xihai pemandangannya bagus juga nih...udah kayak lukisan2 china yang menggambarkan gunung Huangshan...
Gunung berbatu dan pohon2 pine...
Di depan hotel Xihai terbentang sebuah jembatan yang menghubungkan hotel dengan jalan setapak ke arah Xihai Grand Canyon.
Meninggalkan jejak dulu disini....
Bagus juga ya jembatan nya....
Nahh kita udah sampai di Paiyun Lou Hotel, berarti udah berjalan sekitar 1 kilometer. Udah mulai berasa pegel juga sih, cuma karena udaranya mendung2, jadi masih gak terlalu cape. Gak keringetan juga loh. Hawanya gak panas gak dingin....tapi jadinya berkabut....
Setelah itu kita ketemu dengan lokasi gembok cinta ( lagi ) dengan untaian rantai yang penuh dengan gembok2 cinta. Di depan sini ada kios yang jual gemboknya dan souvenir lainnya juga.
View ke sebrang jurang bagus juga ketika kabutnya sedikit tersapu angin.....
Kalau diujung jurang ini semua di depan sana tertutup kabut.....huhuhuhu...
Menatap nanar ke arah jurang.....kenapa juga sih berkabut hari ini...jadi udah cape2 kesini, apahhh yang mau dilihat?! Kesel kann...
Ketemu lagi sama pohon yang bentuknya unik....
Susah lah temennya Sun Go Kong mah, maunya manjat2 pohon mulu....
Kabut lagi ...kabut lagi.......gak keliatan apa apa disini kakak!
Beruntung juga, gak banyak orang yang trekking kesini. Jadi kita bisa jalan dengan santai dan gak perlu antri kalau mau foto.
Dan sepertinya cuma kita doang nihh yang trekking kesini...kemana yaa orang orang yang lain?
Istirahat dulu sebentar mumpung gak ada orang lewat....
Nahh, tangganya udah mulai "begajulan" nih...sempit, curam dan menukik...
Kebayang gak kalau orang2 semua trekking kesini, beneran bisa macet dan antri, wong jalannya mulai sempit gini....
Huahhh....tangganya dipinggir jurang gituhh...
Dann....tujuan pertama kita masih jauhh nihh, 2 1/2 kilometer lagi...
Tangganya makin menguji kaki nih....curam banget...
Lewatin celah2 batu ...
Entahlah gunung batu ini di bolongin atau apa ya untuk bikin terowongan begini?  This is the only way...
Ketemunya kabut melulu....uhhhhh, makin kesel liatnya! Tapi memang ini kan ciri khas the misty mountain ini...berkabut!
Pohonnya bisa tumbuh di celah bebatuan gitu ya?
I see blue as blue as the sky.....
Kembali ketemu tangga yang curam...
Sepertinya kita doang nih yang kerajinan trekking sampe kesini.....hahaha. Eh ada ding, tadi ketemu beberapa orang turis China, tapi mereka cuma lewat dan gak berhenti foto2 kayak kita...
Masih ada jalan yang panjang dibalik terowongan ituh...
Can you see this stairs? Sepertinya kita udah memasuki area Xihai Grand Canyon Hiking ( jalur biru ) yang terbagi jadi 2 ring. Yang ini mungkin ring satu....gak jelas juga batas tandanya dimana...yang jelas pemandangannya udah mulai bagus2...
Yeahhh....ketemu tangga yang sangat "begajulan" ituhh....untung juga gak punya phobia ketinggian, dan gak banyak orang yang kesini jadi bisa turunin tangga dengan santai...
Pemandangannya semakin bagus2 nih...
Wohooo, biarpun berkabut....tapi bagus banget view nya...
Ahhh cakep nyaaaa....
Duduk istirahat dulu...
Haiyaaa....keburu lemes liat tangganya....
Tangganya bener2 dipinggir jurang.....
Kalo dipikir2, hebat yaa ngebangun jalur trekking begini....
Kita ketemu spot bagus diatas sana...
Inilah yang disebut Budha's Hand Rock....mirip tangan Budha kah batunya?
Disini ketemu lagi sama gembok2 cinta...
Setelah itu jalannya menukik turun ke bawah sana....
Cuacanya sebentar berkabut, sebentar cerah....
Tangga lagi ...tangga lagi....dari tadi jarang ketemu jalanan yang rata
Ahhh, mau jalan ke monorail yang kita udah beli tiketnya itu masih sekitar 1,8 kilometer lagi....
Cuma bisa berdecak kagum.....Cakeppp yak!
Tau aja yaa kalau orang udah jalan sampe sini bakal cape, disiapin bangku segala...
Kabutnya masih ada aja nih...
Menyusur jalan di pinggir jurang ...dilarang ngebut disini...hehehe
Nemu tangga curam lagi...Hmmm, rasanya agak susah yaa ngajak orangtua jalan2 ke Huangshan terus diajak hiking kesini. Bakalan stay di hotel doang itu sih....jalannya begajulan gini...Kecuali orangtuanya punya kaki yang kuat dan fit kondisinya plus suka kegiatan outdoor. Lha, jangankan orangtua, gua jamin  rata2 cewe itu  mah ogah dah diajak jalan-jalannya naek gunung begini. Ye kannn! Cuma mamie funky dehh yang siap "menderita" disiksa disuruh jalan2 model begini...Akuh kann bukan wanita biasa...tapi wanita jadi-jadian..wkwkwk. Lhaa coba aja tanya cewe2 diluar sana...mauu jalan2 model begini gak? Yahh syukur deh kalo masih ada yang mau sih....hehehe...
Batang pohonnya ada di tengah2 batu...
Huahhh kita jalan udah jauh juga lohh....Ring 1 jalur biru itu sekitar 3,4 kilometer...dan ini sepertinya udah masuk ke ring 2...
Udah mulai ketemu lembah yang curam...
Ketemu temen lama disini....
Hiyahhh....kuatkan kaki mu ya....
Nahh kann....sekarang turun terusss jalannya...
Dengan kelokan kelokan tajamm
Tapi dilarang mengeluh, karena pemandangan yang sepadan...
Melewati terowongan...
The only way...never look back..
Dan gak bakal nyesel deh udah cape2 jalan kesini.....lihat ajaa pemandangannya...
 Oh em ji.....bagus yaa view nya
 
Siapa juga yang tahan untuk gak foto disini? 
Inilah gunung batu yang paling menarik disini..bentuknya unik banget...harusnya ada namanya sih, cuma gak keliatan papan namanya...
Nahh inilah daya tarik Xihai Grand Canyon.....pegunungan batu nya yang indah...
Dan yang ini juga gak kalah bagusnya... I love this pic!
 
Never regret......semua cape langsung hilang begitu ketemu pemandangan begini....
 Arggghhh....I'm so happy to be here....
Apalagi bersama orang2 tercintah!
It's not my dream to be here....but I'm truly blessed to be here...
Kalau liat begini, barulah gua bisa mengatakan bahwa Huangshan itu bener2 indah, gak cuma liat foto orang lain, gak cuma kata orang orang....
Kita sedikit beruntung saat disini, kadang kabutnya tebal, kadang kabutnya tersapu angin. Jadi pas kabutnya menipis, kita bisa foto yang bener2 keliatan gunung2 batunya...
Pokoknya kalau udah sampe disini, jangan lupa foto yang banyak...hihhihi. Males kan balik lagi..
Sebentar sebentar cekrek....sebentar sebentar cekrek...hahaha...yang tabah yaa pembaca, fotonya masih banyak bertebaran disini karena foto berbicara lebih banyak dibanding kata2....tsahhh!
This is truly amazing...
The misty mountain...
My signature from above...Namaste!
View kesana bagus...kesini bagus. Bingung dahhh foto disini bagus2 semua...hahaha
Serasa berada di mana gitu yaaa......pokoknya bagus banget dehhh disini..Percayalah apa yang dikatakan mamie funky....Jadi kalau ke Huangshan, jangan cuma naek cable car, nyampe hotel, tidur2, terus pulang balik lagi....hehehe. Harus dikelilingin ke tempat2 yang heits nya. Kalo kita mah orang antimainstream, pantang pulang sebelum ketemu "hidden gems"....
Setelah puas foto2 di spot tadi, kita lanjutin jalan menuju ke monorail station...dan beginilah jalanannya...semakin begajulan!
Lihat aja...kita berada dipinggir jurang. Disini kita udah mulai bertemu banyak orang yang mau menuju ke monorail itu..
Terlihat rel nya dibelakang sana...jadi kita bakal turun ke lembah di bawah sana untuk naek monorail menuju ke atas gunung...
Menuju tangga yang turun curam kebawah..
Mamie funky squad pose dulu dah disini...
Nahh liat kannn tangga nya....harus pelan2 turunnya...pelan pelannnnn sajaaaa! *tetiba ingat lagu Kotak.
Trek model tangga curam begini sih masih mendingan lah yaa dibandingin trek ke Rinjani yang kagak pake anak tangga, kalo ini sih asal punya dengkul yang kuat aja, bisa pelan2 turunin tangga dengan selamat.
Kadang bahagia itu kalau ketemu jalanan yang rata, bisa ngaso dulu sebentar...
Ngeri-ngeri syedap kan tangganya....
With my partner in crime....ciss!
Canggih banget dah yang bikin tangga ini....menurun tajam meliuk liuk ke bawah menuju ke monorail station.
Hello from Huangshan...
Huahhh, kita pikir mah jalan ke monorail nya udah deket, tapi gak sampe2 nih...bikin hopeless aja.
Tanjakan atau turunan curam....
Panjang banget nih anak tangganya....gak berkesudahan...
Kalau difoto dari bawah, kemiringan tangganya sekitar 45 derajat kali yaa...
Dari bawah lembah sini, keliatan gunung2 batunya menjulang tinggi...
Tangganya masih terus ke bawah.....
The three musketeer.....
Siapa menyangka bisa dibikin jalur trekking sampe di bawah lembah begini.....
Dan view nya di antara gunung2 batu itu juga bagus banget...
Yah oloh...jalannya masih kebawah sana lagi dan lagi....
Keliatan kan jalur anak tangganya? masih harus ke sebelah kanan lagi...
Ketemu aliran air disini...entah dimana sumber mata airnya.
Akhirnyaaaa....setelah berkilo kilo meter, ( cuma 6,1 kilometer sih ), nyampe juga kita di monorail station. Kita sampe disini sekitar jam 2 sore. Jadi udah jalan sekitar 4 jam an nih. Berhubung kita udah beli tiketnya di hotel di Tangkao, kita cukup unjukin tanda terimanya di loket buat dituker tiket asli. Dan sebenernya staf hotel di Tangkau kasih kita pin kuning sebagai tanda pengenal, tapi ketinggalan di ransel. Petugasnya paham sih waktu kita jelasin...Terus kita masih nunggu sekitar 15 menit, orangnya udah rame di dalam ruang tunggu.
Nahh ini kita udah berada di dalam monorailnya. Naeknya agak berebutan, karena semua orang memilih tempat yang strategis buat foto pemandangan dari dalam sini.
Kita berdiri agak di tengah2, jadi gak banyak yang bisa difoto. Tapi lumayan deh dapet juga view kayak gini...
Semua tangan terangkat buat mengabadikan pemandangan disini...ada hape, ada kamera, ada video camera...lengkap dahh reporternya...hihihihi..
Ck ck ck....canggih yaaa bisa bangun monorail di lembah gunung begini. Lhaa kita cuma jalan kaki aja rasanya udah susah, pegimana cara orang2 itu ngebangun infrastruktur begini cobaaa? Semua diangkut manual? Entah lah....
Nahh beginilah bentuk monorailnya...jadi bukan kayak cable car ya. Ini yang disebut furnicular itu.
Setelah turun dari monorail agak gerimis sedikit. Kabutnya masih juga ada disini...
Lalu orang2 yang sekereta itu bubar menghilang gitu, rata2 mereka masuk ke hotel disini. Sedangkan kita masih lanjut jalan kaki lagi menuju ke yang namanya Fairy Bridge ( Buxian Qiao )...Oh iya, sekedar info aja, bagi yang gak mau naek monorail karena mungkin berasa tiketnya mahal ( RMB 100 atau sekitar Rp. 200 000 per orang ), kalau mau menuju ke Fairy Bridge bisa aja berjalan kaki, tapi sekitar 2 jam loh....nahhh tuhh, makanya gua sih langsung beli tiket monorail aja dahh, daripada kaki gempor...
Menurut petanya sih cukup berjalan kaki sekitar 1 jam saja. Sayangnya disini petunjuknya gak jelas banget deh, jadi kita untung2an aja mengikuti jalan setapak yang ada ...Bingung mau jalan ke kanan atau ke kiri...
Ada juga jalur yang ditutup, mungkin berbahaya nih kalau sampe naek2 ke atas sana.
Untungnya kita berpapasan dengan orang yang baru balik dari Fairy bridge dan tanya2 arahnya kemana. Jadi kan yakin jalannya gak nyasar. Soalnya ini udah sore, kalau sampe nyasar kan gawat....
Ahhhh jalanin aja, jangan liat tangganya yang begajulan ini.... the best is yet to come....
Cuma pemandangan yang bagus lah yang bisa menghibur kaki yang udah pegel ini....
Sepi banget, jarang ada pengunjung yang hiking kemari kali yaa....
Wuahhhh....ini view nya mirip seperti yang dilukisan2 china itu yaa..
Oh iya, untung juga nih bawa tongkat kayu ini...membantu banget buat jalan di tangga2 begini
Nahh akhirnya mulai ketemu beberapa orang deh disini......tapi mereka bilang masih agak  lumayan jauh, jadi mamie funky squad udah lemes duluan, putus asa gak sampe2...hahaha
Sometimes the right path is not the easiest one....
The truly Huangshan....
Kalau udah mulai duduk, yakin lah....bakal susah buat move on...males mau jalan lagi...
Apalagi pemandangannya disini udah cukup bagus kan....
Tapi perjalanan teteup harus dilanjutkan..no matter what....udah tanggung sedikit lagi...
Tangga curam pun kita daki....demi untuk menemukan harta karun yang disebut Fairy Bridge...
Udah berapa banyak anak tangga dilalui, udah berapa banyak pohon yang dilewati...masih juga belum keliatan si jembatan ituh....
Dan tau2 kita udah berada di atas gunung batu yang pemandangan di depannya bagus gitu....
Itu pohonnya antik banget yaa yang paling atas ituh...
Dan kembali bertemu tangga jahanam  itu yang membuat paha dan betis serasa kaku buat digerakkan.
Mamamiaaaa.....cakep kannn!
Huahhh......*mangap gak sih ngeliat pemandangan begini?
Dan kita jadi semangat berlomba menuju ke jembatan karena udah di depan mata...
Betapa curamnya tempat ini....
Yuhuuu....inilah yang disebut sebagai Fairy Bridge ( Buxian Qiao ). Letaknya diantara dua gunung batu...
Betapa senangnya kita bisa sampe ke sini ...penuh perjuangan banget jalan nya!
Look that breathtaking view......the hidden gem at Huangshan
Mungkin gak semua orang tahu tempat ini, biarpun udah tahu, gak semua orang mau kesini. Susah jalannya....
Senengnya udah bisa sampe di Fairy Bridge plus dapet pemandangan yang bagus banget.
Dan tentunya harus foto yang banyak disini, gua sih ogah balik lagi.....
Beruntung juga cuma ada beberapa orang yang kita temuin disini, dan mereka cuma foto2 sebentar langsung balik lagi. Sementara kita disini puas2in foto nya ...
Di ujung sini juga view nya bagus....
View ke arah Fairy bridge....
Beruntung juga pas disini gak ada kabut sama sekali....tau aja kita mau foto2 disini...hehehe
Mamie funky squad di area Fairy Bridge....
Seandainya aja disini bisa liat sunset, pasti bagus banget yaa...
Serasa berada di taman yang ada jembatan kecilnya.....
Puas lah fotonya, gak ada orang lain selain kita....hahaha
Namaste again.....
Beautiful view from the edge of Fairy Bridge spot.....
On the fairy bridge moment....
Here we are again....happy!
Cekrek sekali lagi sebelum pulang ke hotel....
Owalah....sekarang mau balik ke hotel harus naikin anak tangga yang curam ini...siksaan belum berakhir rupanya...
The big rock ...
Tangga yang begajulan ituh....hahaha, bikin kaki  jadi lemes aja nih...
Amit2 deh ini tangga gak abis2....pantesan ada yang bilang tangga di Huangshan ada sekitar 60.000 anak tangga, yahh emang betul kali yaa. Cuman kita gak sempet itungin juga sih ya...mau napas aja susah, boro2 mau berhitung...wkwkwk..
Tapi beneran ya, kalau jalan pulang tuh rasanya cepet loh, tau2 kita udah sampe di tengah pepohonan ini lagi...
Tangga iniiiii....membunuhku! halahhhh! *tiba2 jadi emosi liat tangga...
Mulai berkabut lagi....untung tadi di jembatan gak ada kabut nya ya...kalo kagak sih bisa terjun dari jembatan dahh *emosi kagak bisa liat apa2.
Semangattttt.... mau balik ke hotel...misi hari ini udah selesai...udah ketemu jembatan dan gunung2 yang indah...
Tuhhh penjelasannya, memang disini kabut melulu sodara! Jangan emosi makanya kalau gak bisa liat pemandangan karena ketutup kabut...
Kita kembali melewati hotel yang tadi deket monorail station, kalau gak salah namanya Tianhai Hotel...disini sempet beli minuman karena udah haus banget. Dari tadi kita tuh gak minum2 loh, pertama, karena gak ada yang dagang, kedua, karena gak berasa haus, ketiga, takut kebelet pipis kan berabe ya harus cari toilet....wewww! Rempong dahh...
Sampe sekitar sini, ada papan petunjuk yang menunjukkan kalau mau ke hotel Beihai masih 3,2 kilometer lagi. Ahhh...gubrak! *mendadak  pingsan....
Huhuhu...udah sekitar jam 5.30 sore dan kita masih di tengah hutan begini....
Gak lama kemudian kita sampe di yang namanya Guang Mingding ( Bright Summit / Top ). Dari sini ke Beihai hotel masih 2.5 kilometer lagi. Yah olohh.....kalau di cfd segitu mah gampil, sebentar juga sampe....tapi kalo di gunung dengan jalanan tangga2 begini, huahhh rasanya seabad gak sampe2...*lebay!
Nahhh itulah bangunan yang disebut Guang mingding ( Bright Summit / Top ). Bentuknya bundar seperti bola. Bangunan lumayan luas, ada bagian gedung yang jadi resort atau hotel, dan ada bangunan yang merupakan tempat observasi ramalan cuaca. Cuman sayang sore ini ketutup kabut nih, jadi gak begitu jelas yaa bangunannya...
Hmm...katanya sih ini brightness top dengan ketinggian 1860 m.....tinggalin jejak dulu disini...
Tampang2 kecapean....
Disini memang lebih lama gelapnya, udah mau jam 7 malam tapi masih terang nih langitnya...
Arrghhhhh, cuma orang2 yang pernah ke gunung yang tahu rasanya gimana setelah sekitar 8 jam hiking tanpa makan, akhirnya kita sampe hotel dan langsung menyerbu ke restoran hotel.....lapar luar binasa dah! Di hotel ada 2 macam restoran, ada yang sistem buffet, ada juga yang ala carte....kita pilih yang ala carte aja...
Ahh bahagianya bisa nemu bangku......udah duduk lupa berdiri ini sih...aseli kaki sampe pada kaku dan betis udah mulai nyut2an....*koyo mana koyo...
Foto dulu merayakan keberhasilan kita balik ke hotel dengan selamat....hahaha...Restorannya lama2 penuh loh pengunjungnya. Ternyata rame banget yang nginep disini, tapi kok gak keliatan pada hiking kayak kita yaa?
Inilah pesanan kita....gak tau deh namanya apa, asal tunjuk2 aja gambarnya...hihihi...Tapi yang enak cuma sop ( yang banyak aernya doang ) dan ayam masak apa tau tuh....Yang paling kanan itu tahu dan jenisnya stinky tofu yang bau busuk itu. Yakkk! Kita gak doyan kakak! Tapi lumayan deh bisa nambah nasi yang banyak, jadi perutnya kenyang juga...Total kerusakan semua RMB 260 ( sekitar Rp. 520.000 )....Glekkkkk! mamam dehh tuh tofu...hahaha. mahal juga yaa! But remember the motto : YOLO! *gak jadi emosi....Yahhh daripada kelaparan, daripada makannya popmie lagi...yahh sudah relakanlah..cuma semalem ini doang...
Dan malam ini udah pasti kita bakal tidur nyenyak karena kecapean....Manalah udaranya dingin kalo malem hari, enaknya pelukin guling dan selimutan sampe pagi..
Yahhh inilah hari pertama kita di Huangshan, full day hiking dan so so so tired. Tapi kita happy banget misi kita udah berhasil sampe ke Fairy bridge dan Xihai Grand Canyon itu. Masih ada hari esok yaitu perjalanan turun gunung dan balik ke kota Tangkao. Mau tau seperti apa? Tunggu aja yaaa postingan berikutnya....
Babayy Ciaobella!